Tips Perawatan Tas atau Dompet Kulit (Versi Ethnica Leather)

Ethnica batik and bag adalah brand tas batik dan tas kulit, dompet asli Indonesia, maupun kombinasi dari keduanya, kami membuat tas kulit dengan kualitas terbaik. Serta tas batik atau tenun kombinasi kulit dengan kualitas terbaik.

Artikel kali ini Ethnica Leather ingin memberikan tips-tips perawatan tas kulit atau dompet kulit agar bisa terjaga dengan baik sehingga koleksi tas maupun dompet kulit Anda akan selalu terlihat seperti baru. Oke, langsung saja:

Menghidari Rayap atau Binatang Kecil Lainnya

Bagi Anda yang mempunyai tas maupun dompet kulit asli, hati-hati dalam menyimpan koleksinya didalam lemari kayu. Banyak rayap atau binatang kecil yang suka berada di lemari kayu bahkan tinggal di lemari kayu tersebut.

Cara menghindarinya yaitu sering-seringlah mengeluarkan koleksi tas kulit asli Anda, kosongkan lemari terlebih dahulu lalu siapkan minyak kayu atau minyak yang biasa untuk finising kayu. Oleskan dengan kuas atau kain halus diseluruh lemari kayu dibagian luar maupun dibagian dalamnya, bila sudah semua keringkan atau diamkan biar minyak tersebut tidak menyengat lagi, biar tidak meresap kedalam tas maupun dompet kulit Anda. Jika sudah kering jangan lupa menaruh penyerap lembab didalam lemari tersebut, dan silahkan taruh kembali koleksi tas maupun dompet kulit Anda. Alangkah baiknya sering-sering lakukan atau satu bulan sekali.

Sebenarnya Rayap atau Binatang Kecil lainnya tidak akan memakan tas maupun dompet kulit Anda, hanya memakan dilapisan luar yang berada di koleksi tas, dompet kulit Anda. Akan tetapi sayang kan kalau koleksi tas maupun dompet kulit kita tidak dirawat.

Menghindari Jamur atau Jamuran

Gunakan anti pelembab silica gel atau produk pelembab lainnya jika menyimpan tas dilemari. Taruhlah silica gel didalam tas agar tidak berjamur atau jamuran. Didalam lemari jangan lupa juga dikasih kaper atau penyerap lembab lainnya, sering-seringlah membuka lemari agar sirkulasi uadara berganti dengan udara yang baru. Karena lemari yang lembab dapat merubah bau aroma kulit menjadi apek dan tidak baik untuk koleksi tas Anda.

Kulit dan Plastik

Jangan pernah sekali-kali menaruh atau menyimpan koleksi tas dan dompet kulit Anda bersamaan dengan tas bahan plastik atau plastik. Karena tas plastik atau plastik dapat menyerap bahan warna pada kulit. Maka akibatnya akan menodai koleksi tas dan dompet kulit Anda, sehingga akan terlihat jamuran. Jika sudah jamuran, maka akan terkena noda yang susah untuk dihilangkan. Solusi untuk menghilangkan harus colouring ulang koleksi tas maupun dompet kulit Anda. Sayang sekali kan kalu jamuran!

Jauhkan atau Hindari Air

Berhati-hatilah ketika sedang memakai tas kulit di musim hujan atau tempat yang banyak airnya, seperti : pantai, kolam renang, dll.

Karena jika tas kulit Anda terkena air maka akan jamur atau jamuran kalau tidak segera di keringkan atau lap dengan kain yang bertekstur halus. Jika sudah terlanjur terkena air tidak segera di keringkan, jangan kaget kalau suatu saat tas atau dompet kulit Anda terkena jamur atau jamuran.

Cara menghilangkan jamur atau jamuran yaitu dengan menggosok tas atau dompet kulit Anda dengan memakai sabun khusus kulit atau krim pembersih khusus kulit lalu gosokan dengan kain yang bertekstur lembut. Bersihan dengan sikat halus, lalu goskan dengan lap kering jika tas kulit Andak ada bercak putih dibagian dalam.

Jangan Menyimpan Dengan Ditumpuk

Tekstur atau bentuk tas kulit akan rusak jika penyimpanannya dengan cara ditumpuk. Apalagi kalau tertumpuk dengan barang- barang yang lebih berat dari tas kulit Anda.

Simpanlah koleksi tas kulit Anda di rak atau di lemari dengan posisi berdiri, dan jejerkan dengan koleksi barang Anda yang lainnya. Cara menyimpan dengan berdiri dan rapi maka tas koleksi Anda pasti akan lebih awet dan bertahan bertahun-tahun.

Hinidari Sinar Matahari Dalam Waktu Lama

Permukaan kulit dapat rusak dikarenakan terkena sinar matahari dalam waktu lama, kulit akan berubah menjadi retak atau pecah-pecah. Jika Anda berpergian menggunakan tas kulit kondisi cuaca sedang musim panas, maka jangan lupa tas kulit kesayangan Anda diberi butte cream atau lotion pada keseluruhan. Tuangkan butte cream atau lotion ke telapak tangan Anda, lalu gosokan atau usapkan kedua tangan Anda (seperti jika Anda menggunakan handbody) dan lap kan diseluruh bagian tas kulit Anda.

Lakukan dengan sediki tekanan agar tas kulit tidak terasa lengket. Itulah sebagian cara untuk menghidari tas kulit Anda biar tidak retak dan pecah-pecah jika perpergian di musim panas atau dibawah tekanan sinar matahari dalam waktu lama.

Jangan Di Jemur

Koleksi tas kulit ada basah atau terkena tumpahan air, Apakah harus dijemur? Tidak! Cukup dengan didiamkan didalam ruangan yang udaranya sejuk (bukan lembab) jika sudah agak kering taruh didalam lemari dengan bersamaan silica gel. Karena jika tas kulit Anda dijemur dibawah tekanan sinar matahari secara langsung, justru malah menjadikan tas kulit Anda rusak dan warna aslinya akan hilang, retak atau pecah-pecah.

Demikianlah beberapa Tips Merawat Tas Kulit maupun Dompet Kulit versi Ethnica Leather.

One thought on “Tips Perawatan Tas atau Dompet Kulit (Versi Ethnica Leather)

Comments are closed.

Copyright © 2018 Ethnica Leather
%d bloggers like this: